Breaking News

Pendampingan Publikasi Jurnal SINTA dan SCOPUS

 


Menulis untuk jurnal ilmiah sepertinya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari seorang mahasiswa, dosen maupun peneliti. Jurnal ilmiah diterbitkan sebagai sarana atau media untuk menyebarluaskan hasil penelitian dalam berbagai disiplin atau sub disiplin ilmu agar dapat dibaca, dipelajari dan menjadi sumber referensi bagi peneliti lain maupun masyarakat umum. Publikasi jurnal ilmiah biasanya dikirimkan ke penerbit dalam bentuk artikel, termasuk laporan penelitian, tinjauan pustaka, rekomendasi atau artikel opini tentang teori yang belum teruji, sedangkan bentuk atau template publikasi tergantung dari kebijakan masing-masing lembaga jurnal itu sendiri atau kebijakan penerbit jurnal. Artikel dalam publikasi jurnal ilmiah ini biasanya ditulis oleh individu maupun kelompok dalam komunitas ilmiah. Komunitas ilmiah dapat terdiri dari mahasiswa, guru, dosen, peneliti, profesor, jurnalis, dan anggota masyarakat lain yang tertarik mempublikasikan hasil penelitiannya.

Saat ini, publikasi ilmiah terus digencarkan di perguruan tinggi guna meningkatkan kualitas institusi, dan mendorong produktivitas riset dikalangan mahasiswa dan dosen. Tak hanya dosen yang perlu melakukan publikasi ilmiah, mahasiswa tingkat akhir umumnya juga diwajibkan mempublikasikan skripsi, tesis, atau disertasi dalam bentuk artikel jurnal yang menjadi salah satu syarat kelulusan.

Kesempatan menerbitkan artikel di jurnal nasional maupun internasional terbuka lebar untuk mahasiswa. Melalui pembinaan, pelatihan, dan kolaborasi penelitian bersama dosen pembimbing, mahasiswa bisa ikut menyumbang andil dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Sayangnya, masih banyak mahasiswa S1,S2 bahkan S3 yang menganggap bahwa menulis jurnal ilmiah merupakan tugas berat, sehingga mereka cenderung menghindar dan enggan terlibat dalam proyek penelitian.

Menyikapi fenomena tersebut kami PT. IDEA SOLUSI MANDIRI (I-DEA INSTITUTE) mencoba membuka layanan jasa untuk pendampingan publikasi artikel ke jurnal nasional terindeks SINTA maupun jurnal internasional terindeks SCOPUS, khususnya untuk membantu teman-teman mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam publikasi jurnal sebagai prasyarat untuk kelulusan studinya di perguruan tinggi.

Tahapan dan fasilitas yang kami tawarkan kepada klien pengguna layan jasa pendampingan publikasi jurnal meliputi :

  • CREATE, yaitu membuat tulisan artikel publikasi yang disesuaikan dengan template target publisher
  • TRANSLATE, yaitu menterjemahkan artikel yang akan dipublikasikan dalam Bahasa inggris sesuai ketentuan dari penerbit jurnal/publisher
  • PROOFREADING, adalah layanan untuk memeriksa kembali artikel yang akan dipublikasikan untuk menemukan kesalahan penulisan seperti kesalahan grammar, style, spelling dan lainnya untuk diperbaiki sesuai ejaan yang benar.
  • CEK PLAGIARISM, Cek plagiarisme ini mendeteksi adanya temuan duplikasi atau kesamaan teks dan narasi kalimat, baik disengaja maupun tidak disengaja dalam artikel penelitian yang akan dipublish. Dalam pengecekan plagiarism ini kami menggunakan software Turnitine, dan apabila ditemukan adanya unsur plagiarism dalam artikel yang akan di publish, akan kami lakukan treatment paraphrase sampai tercapai target prosentase maksimal toleransi plagiarism dari publisher.
  • SUBMIT, mengirimkan dan mengupload hasil draft penulisan artikel ke target publisher jurnal yang diinginkan oleh klien
  • REVIEWS, yaitu merevisi dan memperbaiki artikel sesuai catatan dari reviewer dan editor publisher
  • LOA/ACCEPTED, mengawal proses publikasi artikel jurnal sampai terbit surat keterangan dari editor jurnal yang menyatakan bahwa artikel diterima (accepted) untuk proses penerbitan. LoA ini sangat dibutuhkan oleh klien pengirim naskah artikel untuk kepentingan tertentu, missal pendaftaran wisuda atau sidang tesis dan disertasi.

Untuk besarnya biaya jasa pendampingan publikasi jurnal tersebut sangat variative, tergantung dari target publisher jurnal yang dituju mulai dari Jurnal Nasional terakreditasi SINTA (Sinta 1 sampai Sinta 6), atau Jurnal Internasional terindeks SCOPUS (Q1 sampai Q4). Kami memberikan Garansi Lolos dan Terbit di jurnal yang menjadi target publikasi anda. Dan jika gagal terbit, maka biaya publikasi jurnal tersebut akan kami kembalikan utuh. Apabila anda berminat untuk pendampingan publikasi Jurnal Bersama team research dari IDEA SOLUSI MANDIRI, silahkan hubungi nomor admin kami di : WA. 081383584584 – 081282432432.


Tidak ada komentar