Breaking News

JASA PEMBUATAN SOP & JOBDESK UNTUK BISNIS UMKM

 


 JOBDESK & SOP BISNIS


Jika anda seorang pebisnis maka anda pasti sudah paham bahwa menjalankan bisnis tidaklah mudah, apalagi tanpa dibekali dengan arahan, system prosedur atau pedoman mengenai apa yang harus dikerjakan untuk dapat menghasilkan produk dan layanan jasa yang berkualitas. Sebagai seorang entrepreneur anda  dapat mengambil langkah-langkah kecil secara bertahap untuk menetapkan fondasi dasar sebagai mapping dan pedoman dalam menjalankan bisnis anda. Tanpa fondasi dasar dan pedoman yang jelas dan terstruktur dengan rapi maka kinerja anda bersama tim tidak akan efektif dan maksimal. Fondasi dasar tersebut berupa Standard Operating Procedure dan Job Description, yuk kita pahami terlebih dahulu apa itiu SOP dan JobDesc tersebut !

SOP (Standard Operating Procedures) adalah prosedur atau pedoman khusus untuk karyawan dalam menyelesaikan tugas yang sesuai dengan peraturan industri, undang-undang atau bahkan standar yang anda tetapkan untuk menjalankan bisnis. Sedangkan Job Desk atau Job Description adalah penjabaran mengenai tanggung jawab, tugas dan wewenang masing-masing posisi pekerjaan karyawan yang sudah ditentukan.

SOP dan Job Desk merupakan bagian terpenting dalam menjalankan perusahaan khususnya startup bisnis UMKM. Sebuah perusahaan tidak akan dapat berjalan tanpa pedoman dan pendelegasian tugas kepada masing-masing karyawan di dalamnya. Keberadaan SOP dalam menjalankan sebuah bisnis tentu saja sangatlah penting karena SOP dapat meminimalisir terjadinya kesalahan yang kemungkinan dapat diperbuat oleh karyawan di perusahaan anda.

Mengembangkan dan mengikuti SOP akan menciptakan teamwork yang solid dan akan mengarah pada peningkatan efisiensi alokasi Sumber Daya Manusia. Kemudian keberadaan Job Desk juga tidak kalah penting karena memiliki deskripsi mengenai pekerjaan atau posisi yang jelas dalam suatu perusahaan membantu para pekerja memahami tugas dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan.

Bagaimana Menyusun SOP dan Job Desk untuk Perusahaan Anda!

Hal pertama yang harus anda lakukan saat menyusun SOP perusahaan anda adalah menganalisis dan menentukan proses pekerjaan apa saja yang menurut anda memerlukan pembuatan SOP.

Kedua, anda harus merencanakan bagaimana proses pembuatan SOP tersebut, missal mau seperti apa formatnya, bagaimana template SOP untuk kedepannya, menentukan dan menetapkan proses review SOP dimasa mendatang dan memikirkan bagaimana caranya agar semua karyawan anda dapat membaca, mengerti dan memahami SOP yang telah anda buat.

Ketiga, kumpulkan informasi, materi dan bahan untuk konteks atau isi dari SOP perusahaan anda. Keempat, tulis, review dan publikasikan SOP anda yang telah selesai ke seluruh karyawan perusahaan anda. Langkah terakhir, kelima, anda harus memastikan SOP anda selalu up to date, tidak ketinggalan zaman apalagi jika perusahaan anda dan/atau cara menjalani bisnis bersifat dinamis dan terus mengalami perubahan, fasilitasi pula waktu untuk revisi SOP secara rutin.

Untuk membuat Job Desk juga sama, anda harus menentukan terlebih dahulu posisi pekerjaan apa saja yang akan ada di dalam perusahaan anda. Tentukanlah kriteria-kriteria yang diperlukan untuk masing-masing posisi serta tugas, tanggungjawab dan wewenang masing-masing posisi tersebut. Kumpulkan pula informasi, materi dan bahan mengenai masing-masing posisi ini, bila perlu lakukanlah studi banding dengan perusahaan-perusahaan lain atau berkonsultasi dengan para ahli.

PT. I-DEA SOLUSI MANDIRI menerima Jasa Pembuatan JobDesc dan SOP.

SOP dan Job Desk tidak dapat selesai dan jadi dalam semalam, butuh waktu, perhatian observasi pengamatan dan analisis yang mendalam dalam proses penyusunannya. Meskipun konsep membuat SOP dan Job Desk mungkin tampak sederhana, tetapi jika tidak mengikuti tahapan dan proses dengan benar, akan berimbas  pada hasil  SOP yang buruk dan berdampak tidak signifikan terhadap kemajuan  bisnis anda. Oleh karena itu kami PT. I-DEA SOLUSI MANDIRI kali ini hadir dengan layanan Jasa Pembuatan Jobs Description dan Standard Operating Procedure dimana kami menyediakan fasilitas dan tahapan layanan sebagai berikut :

  • Analisis dan Identifikasi kebutuhan SOP dan Job Desk
  • Pengembangan SOP dan JobDesk
  • Implementasi SOP dan JobDesk
  • Evaluasi SOP dan Job Desk
  • Revisi Penyempurnaan SOP dan JobDesk
  • Bonus template Key Performance Indeks (KPI) 

Informasi mengenai berapa biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan jasa ini  Silahkan hubungi customer support kami di nomor WA. 081383584584-081286432432. Apa lagi yang anda tunggu?! Segera susun SOP dan Job Desk sebagai acuan dan pedoman kerja bagi seluruh karyawan perusahaan anda! Kunjungi pula website resmi kami di www.ideasolusimandiri.com dan IG/FB di @ideasolusimandiri.

 


Tidak ada komentar