Breaking News

JASA KONSULTASI "BALANCE SCORE CARD" UNTUK BISNIS UMKM


 BALANCE SCORE CARD

Analisis Kinerja Bisnis Anda dari Aspek Finansial dan Non Finansial

 

“If you can measure it, you can manage it!” begitulah pendapat Robert S. Kaplan seorang akuntan akademik dan Profesor di Harvard Business School. Pendapat Robert secara harfiah berarti jika anda dapat mengukurnya maka anda dapat mengelolanya. Begitu pula dengan bisnis anda. Jika anda dapat mengukur value dan kinerja dari bisnis anda maka sudah dipastikan anda dapat mengelolanya dengan baik.

Bagi anda yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis pasti sudah pernah mendengar dan mengetahui Balanced Score Card bukan?? Bagi anda yang baru saja memulai startup bisnis UMKM anda tentu juga harus memahami dan menyusun Balanced Score Card perusahaan anda. Demi keberlangsungan bisnis yang lancar dan sukses yuk kita pahami sekali lagi apa itu Balanced Score Card!

Balanced Scorecard (BSC) adalah metode pengukuran dan penilaian kinerja suatu perusahaan. BSC juga biasa disebut dengan strategi manajemen dimana melalui BSC anda dapat mengetahui gambaran keseimbangan pada performa finansial dan non-finansial serta performa internal dan eksternal perusahaan anda. BSC dirancang untuk memberikan pandangan komprehensif tentang kinerja organisasi dan untuk membantu pengelola atau pimpinan mengidentifikasi dan mengatasi area kekuatan dan kelemahan perusahaan. BSC sering digunakan bersamaan dengan perencanaan strategis dan penetapan tujuan, dan dapat juga digunakan untuk melacak kemajuan dan menilai dampak-dampak yang timbul dari berbagai inisiatif dan investasi perusahaan.

Mengapa BSC penting buat Start Up bisnis UMKM

BSC dapat menjadi alat ukur perusahaan anda untuk mengetahui apakah visi dan misi yang dianut perusahaan anda telah tercapai atau belum, dapat juga mengukur keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan anda, dapat menjadi panduan strategis untuk menjalankan bisnis anda, menjadi alat analisis efektivitas strategi yang telah digunakan dalam menjalankan bisnis anda sejauh ini, dapat memberikan gambaran kepada perusahaan terkait SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) yang perusahaan anda miliki, dapat menjadi alat key performance indicator perusahaan anda, dapat menjadi feedback terhadap shareholder perusahaan, dan yang paling utama BSC juga menjadi alat komunikasi, informasi dan sistem analisis pembelajaran perusahaan supaya perusahaan anda dapat memperbaiki kinerja yang kurang dan menguatkan kinerja yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.

Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam menyusun BSC

Pertama, mulailah mengidentifikasi atau mengukur dari perspektif finansial atau keuangan perusahaan anda. Pengukuran kinerja keuangan biasanya dengan cara menganalisis profitabilitas, laba atas investasi.

Kemudian lanjutkan dengan mengidentifikasi atau mengukur dari perspektif customer atau pelanggan. BSC akan berfokus pada kepuasan pelanggan, loyalitas dan retensi. Langkah berikutnya, ukurlah kinerja perusahaan anda dari perspektif proses bisnis internal anda. Dari perspektif proses bisnis internal ini anda dapat mengukur  langkah-langkah yang berkaitan dengan efisiensi dan efektivitas proses dan sistem internal perusahaan anda.

Langkah terakhir adalah mengidentifikasi atau mengukur kinerja perusahaan anda dari perspektif kapasitas organisasi atau pembelajaran dan pertumbuhan organisasi perusahaan anda. Yang akan anda ukur disini adalah langkah-langkah yang berkaitan dengan pengembangan dan keterlibatan karyawan, serta kemampuan organisasi untuk beradaptasi dan berinovasi.

Perusahaan anda membutuhkan penyusunan BSC yang baik dan tepat sasaran untuk kelancaran dan kesuksesan bisnis anda. Jika anda ingin menyusun BSC perusahaan anda dengan baik dan tepat dan jika anda mencari layanan jasa untuk membantu penyusunan BSC perusahaan anda langsung dengan ahlinya yang berkompeten, anda dapat menemukannya disini! PT. I-DEA SOLUSI MANDIRI kali ini hadir menyediakan layanan jasa Riset Balance Scorecard untuk membantu memetakan kinerja bisnis anda dari aspek finansial maupun non-finansial!

Fitur fasilitas layanan kami diberikan terdiri atas Identify financial perspective, identify customer perspective, identify internal business process, identify organizational capacity, strategy formulation dan implementation BSC perusahaan anda!

Mengenai biaya yang diperlukan untuk layanan jasa Riset Balance Scorecard bersama kami anda dapat langsung menghubungi Customer Support I-DEA SOLUSI MANDIRI di nomor WA. 081383584584-081286432432. Dapatkan fasilitas-fasilitas yang kami tawarkan khusus untuk BSC startup bisnis UMKM dengan cara mengunjungi website resmi kami di www.ideasolusimandiri.com.

 


 

Tidak ada komentar